Workshops Home

Dimulai  sejak tahun 2005, sepertinya helatan The Angkor Photography Workshop (APWs)  ini sudah menjadi salah satu pencapaian para pegiat fotografi usia muda sekawasan Asia Tenggara. Pasalnya,  ajang tahunan ini terbukti bisa melatih serta mengembangkan bakat fotografi para pesertanya

Workshop ini mengambil lokasi di Siem Reap, Kamboja, sebuah kota yang katanya memiliki peradaban serta budaya yang sangat hidup. Mulai dari kuil, pasar, serta  masyarakat suburban menjadi tempat  untuk mengekplornya melalui fotografi. APWs ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi oleh bidang profesi tertentu. Pun pesertanya tidak mesti dari kalangan yang memang berprofesi sebagai fotografer. Orang yang berfotografi sebatas hobi kayak kita  bisa turut serta. Syaratnya cuma satu, tidak berumur lebih dari 28 tahun. Nah, dilihat dari syaratnya itu udah ketauan banget kan kalau misi mereka adalah untuk mencari lalu membina bibit-bibit unggul.

Untuk bisa mengikuti ajang ini, kita harus menempuh proses seleksi dulu. Pertama kita harus daftar lalu menyerahkan sejumlah foto yang ‘kita’ banget lah. dari situ baru deh dipilih 15 orang yang bakal di undang ke Kamboja. Sayangnya undangan ini nggak berarti kita diberangkatkan secara cuma-cuma, panitia tidak menyediakan biaya  transportasi dari Negara asal ke Kamboja. Tapi tenang, kalian nggak perlu mikirin akomodasi selama disana. Mulai dari penginapan, makan, sampe transportasi selama di sana ditanggung pelaksana.

Di sana kita akan disuguhkan dengan materi mengenai teknik, perspektif, etika serta standar professional dalam berfotografi. Kajian utamanya adalah fotografi dokumenter. Kelima belas peserta akan dibagi keempat kelompok dengan satu orang tutor ditiap kelompok. Nah, tutornya ini adalah mereka yang udah gape banget deh di dunia fotografi. Sebut saja, Antoine d’Agata,, salah satu fotografer yang terdaftar sebagai anggota Magnum Photo.

Jangan harap kalian cuma dapet ilmu doang di sana, segambreng pengalaman seru siap mengisi diary kehidupan kalian. Haha. Mulai dari pertemanan dengan anak-anak muda dari berbagai Negara seAsia sampe saat proses pengerjaan project di sana. Biar lebih seru, gimana kalau kita simak aja hasil wawancara dengan Meicy Sitorus, salah satu peserta dari Indonesia yang menganggap kesempatan untuk bisa ikut APWs 2010 lalu ini seperti mendapatkan undian chiki

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *