BenQ SW270C – Foto Editing Monitor untuk Fotografer!


BenQ SW270C adalah layar monitor dari BenQ yang ditujukan untuk professional photographer di seluruh dunia. BenQ sendiri sudah sangat terkenal dari dulu dengan monitor2 nya yang high end, dan sangat akurat warnanya, dan tentunya di seri ini juga tidak mengecewakan. Berikut adalah beberapa fitur dan spesifikasi dari monitor ini yang bisa anda pertimbangkan, terutama untuk teman2 fotografer dan videografer profesional.

  • Kesan pertama saat unboxing monitor ini adalah sangat kokoh dan rapi tersusun, dan juga packing nya sangat solid sehingga monitor anda akan terjaga saat pengiriman. Seperti gambar di bawah, box nya terbagi2 dengan rapi agar monitor, hood dan semua peralatannya aman.
  • Monitor ini datang dengan Calibration Report, yaitu sebuah laporan mengenai kalibrasi warna dari monitor ini. Jadi setiap monitor BenQ sudah terkalibrasi dan sudah dijamin akan keakuratan warna nya, jadi tidak perlu lagi mengkalibrasinya.
  • Dilengkapi oleh HOOD yang menjaga agar monitor tidak silau dari gangguan cahaya lampu/matahari. Dan juga membantu kita agar fokus saat mengedit tentunya. Interiornya terbuat dari bahan beludru untuk menjaga reflection cahaya.
  • Stand yang solid, terbuat dari besi, dan sangat fleksibel dalam orientasi. Bisa diputar kiri kanan, ketinggian monitor bisa diset. Dan juga monitor bisa diputar menjadi vertical orientation. Ini sangat handy buat teman2 yg kebanyakan foto nya portrait, dan mengedit foto dengan menggunakan dual monitor.
  • Resolusi 2K yang optimal untuk editing video + foto, dan “easy on the eye”. Dari segi resolusi, BenQ juga menyediakan versi 4K dari monitor ini, yang mungkin lebih ditujukan untuk videographer yg mengedit konten 4K. Namun untuk seorang fotografer, saya pribadi lebih suka dgn resolusi 2K ini karena lebih nyaman untuk membaca text dan melihatnya dalam waktu yg cukup lama.
  • IPS panel yang menghasilkan warna akurat.
  • 178 degree viewing angle, agar monitor dapat dinikmati dari angle2 berbeda dan warna tetap stabil. Low end monitor biasanya akan mendapatkan sedikit color cast, atau warnanya berubah ketika kita melihatnya dari angle2 yang berbeda. Namun di monitor ini tidak demikian, keakuratan warna bisa dinikmati hingga 178 derajat.
  • Support color gamut 99% RGB, 100% sRGB. Jadi monitor ini bisa menunjukkan gradasi warna sangat luas, dan warna biru dan hijau sangat pop out dan natural, perfect untuk fotografer landscape.
  • Support untuk foto HDR dan juga ada Black and White Mode, untuk teman2 fotografer yang suka HDR dan foto BW.
  • Hockey Puck Controller. Sangat mudah untuk pengaturan setting, mengganti brightness dengan cepat, mengganti color gamut, dsb.
  • Support PiP (Picture in Picture), bisa menampilkan 2 color space yg berbeda sekaligus. Fitur ini yang sangat dinanti2kan oleh byk fotografer yang perlu mengedit foto dan melihat hasilnya ketika berada di sRGB dan Adobe RGB sekaligus.
  • Support untuk Pantone colors – sempurna untuk percetakan yg peduli dgn keakuratan warna. Teman2 yang bekerja di percetakan, pasti mengerti soal warna Pantone ini, yang sering didemand oleh perusahaan2 besar dgn logo dan branding mereka yg menggunakan warna Pantone spesial untuk brand mereka. Dengan monitor ini, kita bisa menjaga warna tersebut agar tetap true dgn warna Pantone. Tentunya monitor ini wajib dikalibrasikan dgn mesin cetakknya.
  • Support Thunderbolt/USB C connection, buat anda yang memiliki laptop yang punya koneksi tersebut, bisa langsung mengirim data tampilan dan juga power laptop itu bersamaan. Fitur ini sangat memudahkan teman2 yang menggunakan laptop, hanya dengan 1 kabel saja bisa mengirim signal ke monitor sembari charge power.
  • Penyambung kabel USB agar bisa mengakses port USB dan juga SD card slot yg tersedia di belakang monitor. Fitur ini mempermudah kita saat bekerja, agar tidak perlu mencolok ke CPU yang biasanya terletak di bawah meja.
  • Calibration window yang ada di atas hood, agar bisa meletakkan alat kalibrasi warna melalui jendela kecil tersebut. Dari sini kita bisa melihat bahwa BenQ betul2 memperhatikan semua fitur yg akan membantu kita untuk mendapatkan kalibrasi warna yg optimal.
  • Buat teman2 yang menggunakan produk Apple seperti Imac atau Macbook Pro, juga akan menyukai monitor ini, karena BenQ SW270C ini sudah dilengkapi dgn color profile M Book, jadi warna monitornya bisa disamakan.

Kesimpulan

BenQ SW270C ini adalah sebuah layar monitor yang ditujukan untuk fotografer dan videographer yg peduli dengan keakuratan warna, dari proses editing hingga hasil akhir. Dari harganya yg cukup signifikan, tentunya monitor ini bukan untuk konsumen average, dan tentunya fitur2 yang kita dapatkan memang sangat spesifik untuk mencapai kesempurnaan kalibrasi warna. Foto.co.id sangat menyarakankan monitor ini untuk semua teman2 fotografi / videographi profesional, dan juga untuk teman2 yg bekerja di percetakan.

Cek di BenQ Website: https://benqurl.biz/39NygXO

Harga Cek di Tokopedia: https://benqurl.biz/2SEOvjZ

Cek di Lazada: https://benqurl.biz/2P634Lq

Nonton review kami untuk BenQ SW270C ini di channel youtube kami!

The post BenQ SW270C – Foto Editing Monitor untuk Fotografer! appeared first on Foto.co.id.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *